Sunday, January 12, 2020

PAMERAN DARING/DISEMINASI ONLINE


KRUKOL ( KRUPUK TONGKOL)
a.       Deskripsi kegiatan
Kegiatan ini dilakukan agar potensi yang dimiliki oleh Desa Banyusangka dapat di kelola dengan baik. Desa Banyusangka memiliki potensi ikan Laut dan mayoritas penduduknya 90% adalah sebagai nelayan. Dengan ini klompok KKN 15 mengajak warga Desa Banyusangka untuk memanfaatkan sebagian tangkapan ikan laut yang biasanya langsung dijual segar kita manfaatkan untuk diolah menjadi sebuah produk yaitu KRUKOL (Kerupuk Tongkol) dengan tujuan untuk memiliki nilai jual yang tinggi.
b.      Uraian kegiatan
Melalui kegiatan ini diharapkan warga dapat mempunyai pendapatan tambahan untuk hidup yang lebih sejahtera. Untuk pembuatan krupuk tongkol yang pertama kita siapkan bahan-bahan antara lain tepung trigu, tepung beras, ikan tongkol, bawang putih dan garam. Kemudian kita haluskan ikan, bawang putih, garam dan tambah sedikit air dengan cara di uleg atau diblender, setelah itu kita tuang ke ember yg sudah ada tepung trigu dan tepung beras kemudian tambahin air terus diaduk rata menjadi adonan, kemudian siapkan alat-alat loyang, empreng, kemudian masak air sampe mendidih terus tuang adonan diloyang kemudian diriskan diatas air mendidih sekitar 30 detik kemudian angkat dan ambil adonan yang sudah jadi krupuk basah kemudian dipotong-potong terus dikeringkan seharian setelah kering tinggal dibungkus dan siap dipasarkan.
c.       Manfaat kegiatan
1)      Menumbuhkan kesadaran masyarakat desa Banyusangka untuk lebih kreatif dalam mengolah potensi ikan laut seperti dijadikan sebuah produk.
d.      Hasil yang didapatkan
1)      Hasil dari kegiatan ini yaitu terwujudnya sebuah produk Krupuk Tongkol yang bisa dilanjutkan warga Desa Banyusangka.
e.       Dampak yang timbul dari kegiatan
1)      Terciptanya produk Kerupuk Tongkol.
2)      Terciptanya motivasi kreatifitas masyarakat dalam mengelola ikan laut.
f.       Hambatan/kendala
Adanya hujan jadi pengeringan krupuk terhambat.
g.      Solusi
Membuat krupuk lebih tipis dan lebih pagi buatnya biar cepat kering.
h.      Ketercapaiatn atas target yang telah direncanakan
Program kerja pengembangan desa mulai tanggal 20 Desember 2019. Program ini dilakukan oleh anggota KKN kelompok 15 dan diikuti oleh ibu-ibu warga setempat. Target dari kegiatan ini yaitu menciptakan produk dari potensi desa Banyusangka yaitu ikan laut menjadi Kerupuk Tongkol. Dengan tercapainya produk Krupuk Tongkol diharapkan dapat memotivasi warga Desa Banyusangka untuk lebih kreatif dalam mengolah potensi desanya.

Proses pembuatan krupuk :
  





    

0 komentar:

Post a Comment