Sunday, January 5, 2020

Antusiasme Peserta Didik di Desa Banyusangka dalam Menuntut Ilmu

Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 15 mengisi jam pelajaran di SD dan Madrasah Desa Banyusangka. Terdapat dua SD yang mahasiswa UTM kunjungi untuk melakukan pembelajaran yaitu, UPTD SDN Banyusangka 01 dan UPTD SDN Banyusangka 02 Sedangkan untuk madrasah, yaitu madrasah Nurul Mudawiyah. Kegiatan mengajar ini, adalah bentuk kepedulian mahasiswa UTM terhadap pendidikan dan merupakan upaya untuk lebih mengenal anak-anak di desa Banyusangka.

Dipagi hari, mahasiswa UTM melakukan kegiatan mengajar di UPTD SDN Banyusangka 01 dan UPTD SDN Banyusangka 02. Mahasiswa UTM berusaha memberikan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang menarik dan tentunya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk merangsang tiga aspek pengetahuan peserta didik, yaitu: aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.

Disore hari, mahasiswa UTM melakukan kegiatan mengajar di Madrasah Nurul Mudawiyah di desa Banyusangka. Kegiatan ini tidak semata-mata untuk mentransfer ilmu pengetahuan dasar saja, namun lebih kepada nilai-nilai ikhtiyar atau usaha untuk meningkatkan pengetahuan tentang agama islam mulai dari ketuhanan, akhlak, dan ilmu-ilmu agama lainnya. Hal ini bermaksud untuk menciptakan peserta didik yang mengenal dengan baik akan agama Islam yang dipeluknya.

Kegiatan mengajar ini berjalan dengan baik didukung dengan peserta didik yang kooperatif menerima pembelajaran. Sekolah dan Madrasah di desa Banyusangka juga menerima mahasiswa UTM dengan terbuka. Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 15 berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk peserta didik dan sekolah yang dituju.
 

0 komentar:

Post a Comment