Sunday, January 28, 2018

Sosialisasi Posyandu Lansia Bersama Puskesmas Pembantu Desa Banyusangka



    Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60 tahun ke atas.


  Tujuan diadakannya posyandu lansia ini yaitu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan di usia lajut. Dapat mengetahui gejala dan penyakit apa saja yang sering diderita oleh lansia dan juga mengetahui bagaimana cara pencegahan apabila sudah ada gejala yang ditimbulkan penyakit. 

      Puskesmas pembantu melaksanakan program posyandu lansia setiap satu bulan sekali di desa Banyusangka. Pada kesempatan yang sama, KKN Universitas Trunojoyo Madura bekerja sama dengan Puskesmas pembantu berharap dengan diadakannya posyandu lansia dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat desa Banyusangka khususnya para lansia untuk menjaga pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat masyarakat khususnya para lansia dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

    Pemeriksaan posyandu lansia meliputi cek berat dan tinggi badan, serta cek tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah, serta pengobatan lainnya. Acara posyandu lansia kali ini cukup mendapat respon yang positif dari masyarakat, karena masyarakat dapat terbantu memeriksakan kesehatannya secara gratis.  


0 komentar:

Post a Comment