Wednesday, August 10, 2016

Ayo !!! Peduli Lingkungan Sekitar

A. Bersih-Bersih Tempat Pembuangan Sampah Umum
Manusia dan alam merupakan satu kesatuan. Hubungan dua elemen itu, seakan tak bisa lepas satu sama lain. Hubungan simbiosis keduanya pun menjadi keniscayaan. Namun dalam perkembangan manusia modern, alam seakan menjadi objek untuk meneguhkan dan meneruskan kehidupan manusia. Alam yang rusak dan sampah dimana-mana disebabkan tempat pembuangan tidak dipergunakan dan juga tidak dirawat dengan baik, berimplikasi kepada banyaknya masalah penyakit , seperti  diare, penyakit kulit, penyakit pernafasan dan penyakit lain serta bencana alam yang memakan banyak korban jiwa. Disinilah diperlukan kesadaran ekologis manusia untuk paham dengan alam. Dengan ini dapat menggugah kita peserta KKN untuk mengadakan kegiatan bersih-bersih desa khususnya mengenai tempat pembuangan sampah. Dimana kegiatan bersih-bersih ini telah dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 03 Agustus 2016 dimulai dari pukul 10.00 hingga 11.45 WIB bertempat di TPS umum yang letaknya bertepatan di belakang masjid dan bantaran sungai sekitar TPS. Kegiatan bersih-bersih ini diharapkan agar sungai yang terdapat di desa ini tidak tercemar oleh banyaknya sampah yang dibuang warga secara sembarangan. Selain itu bersih-bersih tempat pembuangan sampah umum ini dilakukan agar jalan menuju masjid yang menyebarangi sungai tidak menjadi penghalang warga untuk beribadah.

B. Bersih-bersih Masjid Attaqwa Desa Banyusangka
Kegiatan bersih-bersih masjid ini termasuk dalam rangkaian proker bersih desa yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 03 Agustus 2016 dimulai dari pukul 08.00-09.45 WIB bertempat di Masjid Attaqwa Desa Banyusangka kecamatan Tanjungbumi Bangkalan. Bersih-bersih ini dilaksanakan oleh peserta KKN dengan dibantu oleh beberapa warga desa Banyusangka.  Langkah awal yang dilakukan peserta bersih-bersih dimulai dengan membersihkan kaca jendela masjid, membersihkan tiang-tiang dilanjut dengan menyapu serta mengepel, setelah bagian dalam masjid selesai dibersihkan, peserta bersih-bersih melanjutkan kebagian kamar mandi dan halaman masjid.
Warga sangat bersyukur dan senang dengan adanya kegiatan bersih-bersih desa ini, dimulai dari kegiatan bersih-bersih masjid sampai dengan bersih-bersih tempat pembuangan sampah yang diusulkan dan dilaksanakan oleh peserta KKN, warga juga sangat antusias bergotong royong membantu membersihkan bersama, bahkan mereka dibuat sadar bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini sangat diperlukan dan sangat penting harus diperhatikan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesucian tempat ibadah serta terjaganya lingkungan yang bersih dan sehat Desa Banyusangka. Masyarakat sangat mengharapkan program seperti ini perlu dilaksanakan minimal setiap satu bulan sekali, sehingga kita perlu bekerjasama dengan ta’mir masjid dan aparatur desa untuk mensosialisasikan program ini kepada warga masyarakat Desa Banyusangka secara keseluruhan, agar seluruh warga mengetahui adanya kegiatan bersih-bersih desa ini serta meningkatkan kesadaran dan keperdulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan desa yang mereka tinggali.

0 komentar:

Post a Comment