Wednesday, August 10, 2016

Antusias Siswa SD Terhadap Kelas Teknologi

Pelatihan teknologi dilakukan di tiga SD yaitu SDN Banyu Sangkah 1,2, dan 4. Pelatihan ini dilakukan secara kontinyuitas yaitu seminggu sekali di setiap sekolah. Pelatihan ini dilakukan selama 1,5 jam di setiap sekolah. Sasaran dari program kerja ini ditujukan kepada siswa SD kelas 6 untuk memberikan pengetahuan tentang teknologi.
Pelatihan teknologi di SDN Banyu sangkah 1 dan 2 dilakukan di minggu pertama yaitu pada hari Rabu, 20 Juli 2016 di SDN Banyu sangkah 1 pukul 08.00 – 09.30 WIB dan SDN Banyu sangkah 2 pukul 10.00 – 11.30 WIB. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang perangkat komputer (Perangkat keras, perangkat lunak) dan Microsoft Word serta cara mengaplikasikannya.
Kemudian pelaksanaan di SDN Banyu Sangkah 4 dilaksanakan pada minggu ke dua, yaitu pada hari Selasa, 26 Juli 2016 pukul 07.30 – 09.30 WIB. Pada pelatihan teknologi yang pertama siswa diajarkan tentang perangkat lunak dan perangkat keras komputer serta mengenalkan Microsoft Word kepada siswa dengan cara membuat surat tidak resmi. Pelaksanaan pelatihan teknologi yang pertama berjalan dengan lancar, serta mendapat respon yang positif dari siswa. Tingkat minat  belajar siswa sangat tinggi dalam mengikuti pembelajaran di kelas serta kondisi kelas yang kondusif membuat pelatihan teknologi ini berhasil dan sukses.
Sedangkan pelatihan teknologi yang ke dua, dilaksanakan di SDN Banyu Sangkah 1 dan 2 pada hari rabu, 27 Juli 2016. Di SDN Banyu Sangkah 1 dilaksanakan pukul 08.00 – 09.30 WIB dan di SDN Banyu Sangkah 2 pukul 10.00 – 11.30 WIB. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang Microsoft Excel, rumus-rumus dalam Microsoft Excel serta mengaplikasikannya. Pada pelatihan teknologi yang kedua, siswa diajarkan tentang Microsoft Excel. Siswa diajarkan tentang membuat tabel dan mengenalkan rumus yang ada dalam Microsoft Excel seperti menghitung jumlah nilai (SUM), mencari nilai rata-rata (AVERAGE), menentukan nilai maksimal (MAX) dan minimal (MIN) serta menentukan kriteria tuntas/tidak tuntas (IF).

0 komentar:

Post a Comment